Kamis, 20 Januari 2011

Siswa SMA Cendana Wakili Indonesia ke Jepang

Siswa kelas XI IPA 1 SMA Cendana Duri, Kelvin Permana bakal menjadi salah satu duta Indonesia untuk Program Jenesys (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths Programme).
Bersama rekan-rekannya dari Indonesia, Kelvin akan menetap di Jepang selama beberapa waktu untuk mempromosikan budaya Indonesia sekaligus mendalami budaya Jepang. Hanya saja hingga kini belum didapat kepastian kapan para duta bangsa itu akan bertolak ke Jepang.

Kepastian menjadi salah satu duta pelajar Indonesia didapat setelah Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau menyatakan Kelvin menduduki rangking satu dalam seleksi yang diadakan di Pekanbaru 17-18 Januari baru lalu. Untuk kategori putrinya, Darin, siswi SMAN 2 Dumai juga lolos untuk mewakili Indonesia dari Provinsi Riau.
Seleksi Jenesys Programme tahun 2011 ini hanya diikuti oleh 10 orang peserta saja dari seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Riau. ‘’Tahun 2010 lalu saya juga ikut. Kala itu peserta seleksi berjumlah 90 orang. Karena pengumumannya mendadak, tahun ini pesertanya hanya 10 orang saja. Alhamdulillah saya lolos,’’ kata siswa kelahiran Duri 16 November 1993 yang pandai menari zapin ini pada Riau Pos Rabu, (19/1).
Si bungsu dari tiga bersaudara anak pasangan staf PT CPI Zulkifli Koto dan Endrita beralamat di Jalan Kawista Duri ini mengaku terus berupaya maksimal mendalami seni dan budaya Riau untuk diperkenalkan di Jepang nanti. Si ganteng yang hobi basket dan anggota orkestra sejak SMP ini juga sedang mendalami bahasa dan budaya Jepang sebagai bekal beradaptasi di negeri Sakura itu nanti. Selama di Jepang, Kelvin dan rekan-rekannya akan tinggal di rumah penduduk guna beradaptasi aktif dengan lingkungan dan budaya setempat.
Kepala SMA Cendana Duri, Drs Raideni melalui Wakepsek Bidang Kesiswaan Drs Albohari Rabu (19/1) mengaku bangga dengan prestasi yang telah ditunjukkan anak didiknya di ajang seleksi pertukaran pelajar dan pemuda ke Jepang ini. ‘’Mudah-mudahan di Jepang nanti dia bakal mengharumkan nama sekolah dan nama daerah khususnya, dan nama Indonesia pada umumnya,’’ harap Albohari tentang si jago gitar dan bas itu.
Selain Kelvin, SMA Cendana Duri juga mengutus siswinya bernama Claudia Natalica di ajang seleksi tingkat provinsi baru lalu.
Sayangnya Claudia hanya menduduki rangking dua untuk kategori putri. Kalau rangking satu dari SMAN 1 Dumai, Darin gagal berangkat karena halangan tertentu, maka kesempatan pergi ke Jepang akan terbuka lebar buat Claudia.(sda)
Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar